Lezatnya Es Kacang Merah!

Es Kacang Merah
Kacang merah sangat populer di Indonesia. Ia dikenal sebagai salah satu kacang-kacangan yang rasanya lezat saat diolah. Ia termasuk ke dalam kerabat legume atau polong-polongan. Kacang merah ini memiliki rasa yang khas. DI Indonesia, kacang merah lazim digunakan dalam masakan seperti sup, bubur, nasi tim dan bahkan es kacang merah campur. Sementara iti di Negara lain semisal Cina dan juga jepang, kacang merah sering digunakan sebagai bahan isian bakpau, diolah menjadi selai untuk roti, sebagai isian kue moci dan kue bulan juga dorayaki, dan masih banyak lagi lainnya. Jika selama ini anda terbiasa mengkonsumsi kacang merah dalam bentuk sayuran, ada baiknya Anda mencoba resep berikut. Es kacang merah nikmat.


Siapkan Bahan-Bahan!


Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat es kacang merah ini antara lain:
  1. Kacang merah kering sebanyak 200 gram. Cuci sampai benar-benar bersih.
  2. Aiir sebanyak 1000 mililiter.
  3. Daun pandan sebanyak 2 helai. Bersihkan dan kemudian ikat.
  4. Gula pasir sebanyak 150 gram.
  5. Garam bubuk sebanyak ¼ sendok teh.
Bahan Untuk Saus Es Kacang Merah, antara lain:
  1. Santan kental dari ½ kelapa sebanyak 500 mililiter
  2. Daun pandan sebanyak 1 lembar. Bersihkan dan kemudian ikat.
  3. Garam sebanyak ¼ sendok teh.
Bahan untuk pelengkap Es Kacang Merah:
  1. Batu es yang telah diserut sebanyak 600 gram.
  2. Susu kental manis. BIsa juga diganti dengan saus coklat atau saus rasa lainnya jika diinginkan.
  3. Kacang tanah yang telah ditumbuk halus
Cara Membuat Es Kacang Merah

Setelah semua bahan lengkap, mulailah dengan mempresto kacang merah selama 20 menit atau hingga ia empuk. Setelah itu, angkat dan haluskan dengan cara diblender. Jangan buang air rebusannya, masukkan juga saat diblender. Setelah itu, masak kembali kacang merah yang telah halus dengan ditambahkan daun pandan, garam dan gula pasir. Aduk hingga kental dan kemudian angkat dan dinginkan. Untuk saus, masak santan dengan daun pandan dan garam. Aduk terus hingga saus mendidih. Angkat dan dinginkan. Setelah semuanya selesai, es kacang merah siap untuk disajikan. Masukkan kacang merah yang dimasak tadi ke dalam mangkuk es. Beri saus santan yang telah dibuat. Kemudian bagian atasnya ditaruh es serut dan sentuhan akhir adalah membaluri dengan susu kental dan kacang tanah halus. Mudah bukan?

Resep es kacang merah ini bisa Anda variasikan sesuai selera Anda. Banyak yang tidak menyukai jika kacang merah dihaluskan. Sehingga mereka lebih senang membuat es kacang merah utuh. Hanya dibersihkan dan kemudian direbus hingga empuk kemudian diolah bersama bahan lainnya. Semuanya tergantung pada selera Anda tentunya. Es kacang merah ini tak hanya nikmat di lidah tetapi juga sehat di badan. Khasiat kacang merah antara lain adalah mencegah kolesterol jahat, membantu pematangan sel darah merah, mecegah penyakit diabetes, menjaga sistem dan fungsi syaraf dan masih banyak lagi lainnya. Jadi, es kacang merah nikmat Anda berkhasiat!