Resep Praktis: Cara Membuat Kacang Atom

cara membuat kacang atom
Kacang tanah dikenal juga sebagai makanan otak. Mengapa? Tak lain karena kandungan senyawa vitamin B3 di dalamnya memang memiliki manfaat yang baik bagi otak dan meningkatkan daya ingat. Tak hanya itu, konsumsi kacang tanah juga mampu mengurangi kolsterol dalam darah, menurunkan resiko terserang penyakit jantung, menurunkan berat badan, mencegah batu empedu, menurunkan berat badan, melawan depresi dan masih banyak lagi lainnya. Mencermati deretan manfaat kacang tanah tersebut, wajar jika kemudian ahli gizi merekomendasikannya untuk dikonsumsi sehari-hari. Di Indonesia, konsumsi kacang tanah adalah yang terbanyak kedua setelah kacang kedelai. Kacang ini banyak diolah menjadi camilan nikmat. Salah satu yang paling tersohor adalah kacang atom. Ada banyak produk kacang atom yang bisa Anda beli di toko-toko terdekat. Meski demikian, tak ada salahnya membuat kacang atom versi Anda sendiri. Berikut kami sajikan cara membuat kacang atom yang mudah dan praktis.


Siapkan Bahan-bahan Yang Dibutuhkan

Kacang atom adalah camilan kacang tanah yang dibalut atau diselimuti dengan adonan tepung tapioca. Selanjutnya ia digoreng sampai matang dan garing. Bahan juga alat-alat yang diperlukan dalam membuat kacang atom sangat mudah didapatkan. Berikut bahan yang diperlukan:

  1. Kacang tanah sebayak 1 kilogram.
  2. Bawang putih sebanyak 17 siung,
  3. Garam sebanyak 5 sendok teh.
  4. Tepung tapioka sebanyak 250 gram
Sementara itu, peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan kacang atom adalah sebagai berikut:
  1. Panci
  2. Wajan
  3. Molen untuk membuat kacang atom
Cara Membuat Kacang Atom


Setelah semua alat dan juga bahan-bahan tersedia, saatnya memulai pembuatan kacang atom. Berikut langkah demi langkahnya:
  1. Kacang tanah dikeringkan dengan alat pengering hingga kadar airnya benar-benar hilang.
  2. Mulailah membuat adonan lem atau pembungkus kacang. Tepung tapioca sebanyak 1 sendok makan dicampur dengan air matang sebnayak kira-kira 15 sendok. Kemudian campuran air dan tapioca tersebut dimasak hingga matang dengan warna yang berubah menjadi putih keruh. Adonan akhir tersebut yang disebut dengan adonan lem.
  3. selanjutnya, buat adonan lem. Bawang merah dan juga bawang putih digiling sampai benar-benar halus dan dicampur dengan air. Setelah halus sempurna, bumbu tersebut dicampur dengan air dan diaduk merata. Hasil adonan tersebut yang kemudian dinamai adonan lem bumbu.
  4. Langkah selanjutnya adalah proses pelapisan kacang dengan menggunakan alat molen. Pertama, kacang tanag dicampur dengan adonan lem bumbu dan diaduk merata sehingga butiran kacang benar-benar terbaluri bumbu. Setelah itu, ke dalam alat molen yang berputar, masukkan tepung tapioca dan kacang yang telah dibaluri lem berbumbu. Biarkan molen terus berputar. Setelah tepung tapioka melapisi semua kacang, ambil kembali butiran kacang dan lapisi kembali dengan lem bumbu. Setelahnya masukkan kembali ke molen dan masukkan lagi taburan tepung tapiok. Begitu seterusnya hingga didapatkan ketebalan kulit kacang atom yang diinginkan. Hasil kacang yang dihaslikna disebut kacang atom mentah. Alat molen bisa diganti menggunakan tampah jika memang tidak tersedia.
  5. Selanjutya adalah tahapan penggorengan. Kacang atom mentah tadi digoreng hingga matang didalam minyak dengan tingkat kepanasan sekitar 170 derajat Celsius. Setelah itu angkat kacang dan dinginkan. Setelah dingin segera kemas agar kacang atom tidak melempem. Bisa dimasukkan stopless atau juga dikemas di dalam plastik.
Bagaimana? Cara membuat kacang atom sangat mudah bukan? Anda bisa mempraktekkannya di dapur Anda masing-masing. Selamat mencoba ya!