Beragam Manfaat Tepung Kedelai

tepung kedelai
Menggiatkan konsumsi kacang kedelai adalah hal yang baik. Sebab, kacang-kacangan ini sudah terbukti secara klinis mampu memelihara kesehatan manusia. Di Negara Asia semisal Jepang pun China, konsumsi produk olahan kacang kedelai sangat tinggi. Hal ini membuat angka kesehatan di Negara tersebut juga baik. Pada dasarnya, di Indonesia hal tersebut juga bisa dilakukan dengan cara merubah paragidma masyarakat soal kacang kedelai. Daru dulu, temped an tahu selalu dianggap makanan kelas bawah. Selalu ditempatkan pada strata kelas rendah dan menengah. Kalau ada uang lebih mengapa harus tempe tahu? Pola pikir ini perlu dirubah sebab kacang kedelai menyimpat banyak manfaat. Konsumsi kacang kedelai juga sebenarnya tidak sebatas pada tahu dan tempe. Masyarakat bisa meggiatkan penggunaan tepung kedelai sebagai pengganti tepung terigu tentu merupakan langkah taktis memulai kebiasaan konsumsi kedelai.


Mahal?

Di pasaran, masyaratak sudah bisa menjumpai beberapa produk tepung kedelai dengan harga yang memang lumayan tinggi dari jenis tepung lainnya. Jika Anda merasa sayang mengeluarkan uang untuk tepung kedelai tersebut, tak ada salahnya Anda membuat tepung kedelai dari rumah Anda sendiri. Caranya mudah, biayanya murah dan tak memakan banyak waktu. Bahan yang Anda butuhkan satu-satunya adalah kacang kedelai. Anda bisa membelinya dengan mudah di pasar tradisional dengan harga yang murah. Pilih kualitas yang unggul agar kualitas tepung juga maksimal. Setelah itu, cuci bersih kacang kedelai dan jemur hingga kering. Selanjutnya tinggal digiling sampai halus layaknya tepung.
Tepung Kedelai Untuk Cake! 

Jika Anda susah dipisahkan dengan paradigm “tempe-tahu makanan kelas bawah”, mungkin alternatif cake dari tepung kedelai bisa Anda gunakan. Selama ini kita cenderung stagnan pada penggunaan tepung terigu sebagai bahan utama pembuatan adonan cake. Padahal, justru tepung kedelai dengan aroma dan teksturnya yang khas jauh lebih nikmat jika diolah menjadi cake. Tak percaya? Silahkan coba resep berikut ini.

Siapkan bahan-bahan pembuatan cake berupa:
  1. Tepung kedelai sebanyak 200 gram.
  2. Gula pasir yang telah dihaluskan sebanyak 200 gram.
  3. Margarine sebanyak 100 gram. Lelehkan dengan api sedang dan simpan di wadah.
  4. Butter sebanyak 100 gram. Lelehkan dan simpan juga di wadah terpisah.
  5. Telur ayam sebanyak 6 butir.
  6. Vanili sebanyak 1 bungkus atau satu sendok teh.
Adapun cara membuat cake dari tepung kedelai ini adalah sebagai berikut:

Pertama, kocok telur ayam bersama gula pasir bubuk hingga mengembang dan kemudian kaku. Selanjutnya masukkan cairan butter dan margarine secara perlahan, jangan sekaligus. Kembali aduk hingga merata sempurna. Setelah itu, masukkan tepung kedelai secara perlahan. Aduk lagi sampai adolan tercampur merata. Selanjutnya, panaskan oven dengan tingkat kepanasan sekitar 180 derajat celcius. Sebelum memasukkan adonan ke Loyang, pastikan Anda mengolesi margarine agar tidak lengket. Masukkan adonan ke Loyang dan panggang sampai cake matang sempurna. Mudah bukan? Setelah matang, dasar cake ini bisa Anda hias sesuka hati. Sehat dan nikmat!