1001 Manfaat Kacang Kedelai

Manfaat Kacang Kedelai 
Siapa yang meragukan khasiat kacang kedelai? Polong-polongan ini telah lama dikenal dunia dengan sejuta khasiatnya bagi kesehatan maupun kecantikan. Kebiasaan mengkonsumsi kedelai telah dimulai ratusan tahun yang lalu utamanya di China dan Jepang. Dan terbukti, tingkat kesehatan orang-orang di kedua Negara tersebut cukup tinggi. Apa rahasianya? Salah satunya adalah kedelai. Bagaimana dengan Indonesia? Boleh dikata, kedelai menempati urtak sekian dalam piramida makanan. Masyarakat kita terlanjur dibebani stigma bahwa makanan berbasis kedelai adalah makanan bagi mereka yang tidak mampu. Padahal, khasiat kacang kedelai ini jauh di atas makanan yang dianggap memiliki kasta yang lebih tinggi.

Kaya Akan Senyawa Penting


Ahli nutrisi menyarankan para vegetarian mengkonsumsi makanan berbasis kacang kedelai sebab nutrisinya, terutama protein nabati, bisa menggantikan kekosongan gizi dari alpanya makanan hewani dari daftar makanan. Kedelai mengandung sejumlah protein yang memang baik bagi tubuh sebab mudah dicerna. Kabarnya, kandungan protein ini bahkan 11 kali lebih tinggi dari susu hewani, dua kali lipat dari protein daging pun ikan, dan satu kali lipat di atas keju. Wow! Tingginya protein ini sangat bermanfaat dalam membangun sel. Untuk anak-anak misalnya, protein dibutuhkan dalam masa perkembangan. Sementara untuk lansia, protein dibutuhkan untuk melindungi sel dan membangun kembali sel yang rusak karena beberapa sebab.


Selain protein, kacang kedelai juga mengansung senyawa penting lainnya yakni lecithin. Ia merupakan satu di antara banyak komponen yang berperan dalam pembentukan beberapa aktifitas hormon antara lain tiroid, adrenalin dan juga hormon yang berperan dalam aktifitas seksual. Selain itu, zat letichin ini juga merupakan penghasil senyawa bernama choline. Tanpa choline, sistem metabolisme tubuh kita akan tersendat sebab lemak akan terkurung di dalam hati. Choline ini juga bisa menggiatkan kesehatan, memperbaharui kesehatan otak, memperkuat daya ingat, melindungi organ hati, jantung dan organ vital tubuh manusia lainnya.

Beragam Khasiat Kacang Kedelai

Dengan komposisi senyawa yang dikandungnya, sangat wajar jika kemudian khasiat kacang kedelai menjadi kompleks. Adapun khasiat tersebut antara lain:
  1. Sebagai anti oksidan bagi manusia. Dengan mengkonsumsi olahan kacang kedelai seperti susu, tahu, tempe dan lainnya, sel-sel di dalam tubuh akan terpelihara dan terlindungi dari pengaruh buruk radikal bebas.
  2. Kacang kedelai juga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.
  3. Kacang kedelai bisa mereduksi kadar kolesterol di dalam darah.
  4. Melenyapkan batu empedu.
  5. Melindungi dan menjaga kardiovaskuler dengan cara melarutkan sel busa yang merekat sehingga jantung bisa bekerja secara normal tanpa hambatan.
  6. Kandungan insitol di dalam kacang kedelai bisa menanggulangi penyakit diabetes. Letichin juga melindungi sel-sel yang ada pada organ pancreas sehingga ia mampu berfungsi secara baik dalam memproduksi insulin di dalam tubuh.
  7. Khasiat kacang kedelai selanjtunya adalah mengobati penyakit semacam ginjal juga impotensi.
  8. Kacang kedelai juga mengandung alfa karoten, alfa tokoteritenol, alfa tekoferol, beta tokotreinol, dan komponen senyawa lainnya yang ada di dalam letichin. Senyawa ini merupakan komponen anti-oksidan yang kabarnya bisa melawan virus HIV!
  9. Kacang kedelai mengandung asam oeleat yang cukup vital dalam pembentukan kecerdasan genetik manusia utamanya anak-anak.
  10. Kandungan zat molibenum pada leticih kacang kedelai bisa melindungi sel otak dari pengaruh buruk alkohol, narkoba, depresi dan gangguan mental lainnya. Anda tahu kan kebiasaan orang jepang mengkonsumsi sake dan bagaimana kehidupan mereka yang penuh dengan tekanan? Tapi mereka sehat dan sejahtera, rahasianya ada di kedelai ini.
  11. Khasiat kacang kedelai lainnya adalah menghaluskan kulit, membuatnya bercahaya dan segar, mengurangi potensi penuaan dini, menyuburkan rambut, pikun dan masih banyak lagi lainnya.