Mengenal Kacang Macadamia : Kacang Termahal di Dunia

Kacang Macadamia
Macadamia adalah genus tanaman dari family Protoceae. Total ada 8 species macadamia dimana 7 diantaranya terdapat di Australia Timur dan 1 sisanya terdapat di Pulau Sulawesi, Indonesia. Pohon macadamia memiliki tinggi sekitar 6 – 40 meter. Daun macadamia memiliki panjang sekitar 6 – 30 cm dan lebar sekitar 2 – 13 cm. Pohon ini juga menghasilkan bunga yang ukurannya sekitar 10 – 15 cm. Warnanya bervariasi dari putih sampai ungu. Pada setiap bunga, terdapat satu atau dia biji. Biji bunga inilah yang terkenal dengan sebutan kacang macadamia.

Kacang macadamia memiliki kulit yang berwarna gelap. Kulit tersebut sangat keras dan tebal. Di Aborigin, orang – orang biasa memecah kulit biji macadamia dengan memukulkan batu ke biji tersebut. Di balik isinya yang gelap keras, kacang macadamia memiliki warna putih agak krem. Rasanya sangat gurih dan teksturnya renyah tetapi tidak keras. Banyak orang berpendapat bahwa macadamia adalah kacang paling enak sedunia.



Kacang macadamia mulai terkenal ketika bangsa Inggris datang ke Australia untuk pertama kali. Mereka disambut dengan hangat oleh suku Aborigin. Pada saat jamuan makan, bangsa Inggris diberi suguhan berupa kacang macadamia. Awalnya, bangsa Inggris ini mengira bahwa mereka sedang dipermainkan oleh suku Aborigin karena diberi kacang yang sangat keras. Mereka pikir kacang itu tidak bisa dimakan. Namun kemudian bangsa Aborigin mengajarkan cara mengupas dan memakan kacang tersebut. Bangsa Inggris pun langsung kagum dan jatuh cinta dengan rasa kacang yang satu ini.

Atas peristiwa tersebut, kacang macadamia kemudian menjadi kacang yang sangat populer dan laris. Beberapa pabrik coklat bahkan menggunakan kacang ini sebagai isian coklat dimana sebelumnya mereka biasa menggunakan kacang mede atau almond. Karena popularitasnya ini, banyak orang dari Eropa datang ke Australia untuk mendapatkan kacang ini. Perkembangan selanjutnya, mereka coba membuat perkebunan macadamia dan bahkan mencoba menanamnya di luar Australia. Usaha ini cukup sukses. Saat ini, ada banyak perkebunan macadamia yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Walaupun ada 8 spesies tanaman macadamia, hanya ada 2 spesies saja yang mampu menghasilkan kacang spektakuler ini, yaitu macadamia integrifolia dan macadamia tetraphylla. Kedua spesies tersebut berada di Australia. Sementara spesies-spesies macadamia yang lain, bijinya tidak bisa dimakan. Bahkan, ada juga yang bijinya justru beracun.

Karena merupakan kacang langka dengan rasa paling enak sedunia, wajar saja jika kacang ini otomatis juga menjadi kacang paling mahal sedunia. Satu kilogram kacang macadamia umumnya berharga sekitar 300.000-400.000 rupiah.