Nama Latin Kacang Hijau

nama latin kacang hijau
Indonesia merupakan surganya tanaman yang kaya akan nutrisi. Bangsa ini memang diberkahi tanah yang subur dan kondisi cuaca yang bersahabat. Karena itu wajar jika kemudian banyak komoditi tanaman bermanfaat yang tumbuh subur dari Indonesia. Salah satunya adalah kacang hijau. Tumbuhan ini digolongkan sebagai tanaman leguminosae dengan peringkat konsumsi tertinggi ketiga setelah kacang kedelai dan kacang tanah. Kacang hijau mengandung nilai gizi yang cukup tinggi. Maka tidak heran jika para ahli gizi menyarankan ibu hamil memperbanyak konsumsi kacang hijau sebab nutrisinya bisa menyokong kebutuhan ibu dan janin. Kacang hijau merupakan kerabat polong-polongan. Nama Latin kacang hijau sendiri adalah Vigna Radiata L. Sementara itu, dalam bahasa Inggris kacang hijau dikenal dengan nama yang unik yakni "Mung Bean". Selain Mung, nama lain kacang hijau dalam bahasa inggris adalah "green gram" dan "golden gram". Dalam bahasa China, kacang hijau dikenal dengan namaChi Xiao Dou. Sementara itu, di negara tetangga yakni Filipina, kacang hijau disebut dengan nama Balatong. Kacang hijau sendiri dikonsumsi setelah diolah terlebih dahulu. Biasanya dijadikan bubuk terigu atau diolah dengan cara direbus terlebih dahulu. Rasa kacang hijau cukup nikmat dan khas. Istimwanya, tak hanya nikmat, kacang hijau juga menyehatkan! Anda pasti telah merasakannya.

Klasifikasi Kacang Hijau Dalam Dunia Botani 

Adapaun taksonomi tanaman kacang hijau sebagai berikut:
  1. Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  2. Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  3. Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  4. Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  5. Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  6. Sub Kelas: Rosidae
  7. Ordo: Fabales
  8. Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
  9. Genus: Phaseolus
  10. Spesies: Phaseolus radiatus L.
Sementara itu, sejumlah tanaman yang merupakan kerabat dekat kacang hijau antara lain adalah kacang emas, buncis, kacang runji dan lain-lain.

Vigna Radiata L Atau Phaseolus Radiatus L. 

Jika jeli memperhatikan beberapa tulisan baik itu artikel dan tulisan ilmiah, ada beberapa yang menggunanak nama latin kacang hijau yakni  Vigna Radiata L. Meski demikian, tak sedikit pula yang lebih condong menggunakan nama latin Phaseolus radiatus L. Kebanyakan orang mungkin akan menyalahkan, dan memilih salah satu yang dianggap benar. Tetapi, dalam beberapa tulisan mengenai botani kacang hijau, dijelaskan bahwa Vigna Radiata L. dan Phaseolus radiatus L., dua-duanya merupakan nama ilmiah dari kacang hijau. Selain kedua istilah tersebut, kata Phaseolus aureus Roxb juga sering menjadi nama latin kacang hijau yang sering digunakan dalam tulisan ilmiah maupun non-ilmiah.

Meski kesemua nama tersebut benar dan dianggap bersinonim, namun para ahli taksonomi menganjurkan penggunaan kata Vigna Radiata L sebagai nama latin kacang hijau dalam penulisan ilmiah. Alasan yang mendasarinya adalah untuk keseragaman agar tidak terjadi kerancuan serta adanya urutan terbaru klasifkasi tanaman kacang tanah yang berkerabat dengan genus vigna.