Resep Kue Kering Kacang

Kacang tanah atau yang biasa juga dikenal dengan nama kacang Una merupakan polong-polongan kedua setelah kacang kedelai, yang paling banyak dikonsmsi di Indonesia. Kacang jenis ini memiliki aroma yang khas terlebih setelah disangrai. Aroma yang khas ini kemudian menjadikan ia sebagai pelengkap kuliner agar rasa semakin nikmat. Ada banyak olahan kacang tanah mulai dari saus kacang tanah, kacang disco, sampai ke bahan pelengkap adonan cake. Di Indonesia khususnya, kacang tanah paling populer dijadikan saus pelengkap kuliner semacam gado-gado dan lotek. Untuk urusan kue, masyarakat kita juga sering memanfaatkan kacang tanah misalnya dalam pembuatan kue kering kacang untuk acara lebaran dan penikahan. Pernah mencoba?

Cookies Kacang Tanah


Kue kering kacang tanah atau peanut cookies banyak digemari karena rasanya yang khas dan nikmat serta proses pembuatannya yang terbilang mudah. Belum pernah mencoba sebelumnya? Baik, berikut resep kue kering kacang tanah praktis dan bisa Anda coba di dapur rumah Anda.

Siapkan bahan-bahan berupa:
  1. Kacang tanah sebaanyak 200 gram. Pilih yang berkualitas baik.
  2. Tepung terigu sebanyak 200 gram.
  3. Gula pasir halus atau gula tepung sebanyak 75 gram.
  4. Garam sebanyak 1/8 sendok teh.
  5. Minyak goreng sayur sebanyak 125 mililiter.
  6. Kuning telur ayam sebanyak 1 butir. Digunakan hanya u mengoles permukaan adonan kue setelah dicetak.
  7. Kenari yang telah dicincang sebanyak 25 gram. Digunakan sebagai taburan di atas kue.
Setelah semua bahan telah tersedia, mulailah langkah pembuatan yakni: 

  1. Pertama, sangrai kacang tanah hingga berwarna kecoklatan sempurna. Pastikan tidak ada kacang yang mentah. Jadi saat disangrai, Anda harus terus mengaduknya. Pastikan juga tidak gosong sebab akan membuat kue terasa pahit. Setelah selesai disangrai, pisahkan kulit kacang dan kemudian haluskan, bisa dengan cara ditumbuk atau diblender. Pastikan ia menjadi halus seperti bubuk.
  2. Setelah jadi, kacang tanah bubuk tersebut dicampur bersama bahan lainnya seperti tepung terigu, gula pasir halus, dan juga garam. Aduk merata. Selanjutnya, masukkan minyak goreng secara perlahan dan kembali aduh hingga membentuk adonan yang sempurna.
  3. langkah berikutnya adalah membentuk adonan. Ini sesuai dengan selera Anda. Biasanya kue kacang tanah dibentuk bulat pipih.
  4. Setelah dibentuk, simpan adonan tersebut di Loyang yang sebelumnya telah diolesi margarine agar tidak lengket.
  5. Kemudian di pada permukaan adonan yang telah dibentuk, diolesi dengan kuning telur yang telah dikocok sebelumnya.
  6. Sentuhan terakhir adalah penaburan kacang kenari di atas adonan yang telah berbentuk
  7. Panggang di oven dengan suhu kira-kira 150 derajat celcius. Durasinya kira-kira 30 menit.
Setelah matang, kue kering kacang diangkinkan agar dingin. Setelah itu langsung masukkan ke adalam stoples agar tidak melempem. Bagaimana, mudah bukan? Resep ini tidak memakan waktu yang lama dan bahannya juga terbilang sederhana. Jadi, selamat mencoba ya!