Resep Rempeyek Kacang Spesial

Aroma kacang tanah memang khas. Rasanya di lidah pun nikmat. Polong-polongan yang satu ini cukup terkenal, bahkan kabarnya konsumsinya kedua terbesar setelah kacang kedelai. Kacang tanah berasal dari daratan Amerika Selatan. Ia pertama kali ditemui di Negara Brazil. Namun pada perkembangannya, kini kacang tanah hampir bisa dijumpai di semua Negara termasuk Indonesia di dalamnya. Untuk Negara kita sendiri, kacang tanah telah melebur di dalam budaya kuliner nusantara. Anda pasti familiar dengan gado-gado dan lotek. Makanan tersebut tak akan pernah lengkap jika tidak disajikan bersama saus kacang tanah. Selain kedua makanan tersebut, masih ada jenis kuliner lainnya yang benar-benar khas Indonesia dan melibatkan kacang di dalamnya. Tahu rempeyek kacang?

Tidak jelas dari mana asal muasal dari rempeyek kacang ini. Tapi yang pasti, ia dikenal sebagai salah satu camilan khas nusantara yang memang nikmat. Ia dikonsumsi seperti kerupuk pendamping nasi. Rempeyek kacang ini bisa dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ia seperti telah melebur ke dalam uniknya kuliner bangsa. Pasti Anda sudah pernah mencicipi. Jika dibandingkan jenis kerupuk lainnya, rempeyek kacang memang lebih mahal. Hal ini wajar, sebab bahan yang digunakan juga beragam. Mulai dari terigu sampai kacang. Bagi Anda yang punya waktu banyak di rumah, apa salahnya membuat rempeyek kacang nikmat untuk disantap keluarga? Berikut resep praktisnya.

Untuk membuat rempeyek kacang nikmat, siapkan bahan-bahan berupa:
  1. Tepung beras sebanyak 250 gram.
  2. Kacang tanah sebanyak 80 gram. Pilih yang kualitasnya baik.
  3. Santan cair sebanyak 460 mililiter
  4. Tepung kanji sebanyak 1 sendok makan.
  5. Daun jeruk sebanyak 4 lembar. Bersihkan dan iris tipis-tipis. Usahakan sehalus mungkin.
Sementara itu,bumbu rempeyek kacang adalah sebagai berikut:
  1. Bawang putih sebanyak 7 siung.
  2. Ketumbar yang telah disangrai sebanyak 1 sendok makan.
  3. Kemiri yang juga telah disangrai sebanyak 4 butir.
  4. Garam sebanyak 1 ½ sendok teh.
  5. Penyedap rasa jika diinginkan.

Setelah semua bahan terkumpul, proses pembuatan rempeyek kacang bisa dimulai. Berikut langkah demi langkahnya: 

Semua bumbu rempeyek yakni ketumbar sangrai, bawang putih, kemiri sangrai dan lainnya disatukan dan dihaluskan. Kemudian campur bumbu yang telah halus tersebut dengan tepung beras, kanji, potongan daun jeruk dan juga santan. Aduk sampai semuanya merata dan menjadi adonan. Setelah itu, baru masukkan kacang tanah. Kembali aduk hingga semua adonan bercampur sempurna dengan kacang. Langkah berikutnya, panaskan minyak di wajan untuk menggoreng. Pastikan apinya sedang. Masukkan 3 sendok makan adonan. Pastikan ia tipis merata agar garing. Untuk hasil dan bentuk yang bagus, letakkan adonan di pinggir wajan yang panas hingga meleleh ke wilayah wajan yang rendah. Secara langsung ia akan membentuk dengan sendrinya. Tipis dan memanjang. Untuk supaya adonan bisa terlepas, jangan lupa siram dengan minyak.

Selamat mencoba ya!