Wajib Tahu: Manfaat Kacang Tanah!

manfaat kacang tanah
Rasanya yang gurih serta aromanya yang khas memang cukup akrab di lidah. Kacang tanah atau yang dalam bahasa Inggris disebut peanut ini memang cukup digemari, tak hanya di Indonesia tetapi juga hampir di seluruh negara di dunia. Dengan mudah kita menjumpai beragam produk berbahan utama kacang tanah. Istimewanya, kacang yang kabarnya berasal dari dataran India ini tak hanya nikmat, tetapi ternyata mengandung berbagai senyawa kompleks yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan proteinnya tinggi dan juga dilengkapi dengan omega 3 dan juga 9. Selain itu, kacang tanah diketahui mengandung senyawa arginin, filosterol, fosfor, vitamin A dan K, kalsium, kolin, lesitin, lemak dan juga zat besi. Kesemua senyawa ini menjadikan manfaat kacang tanah menjadi kompleks terutama dalam memelihara kesehatan dan bahkan juga menanggulangi penyakit tertentu. Tak percaya? Berikut uraiannya.

Meningkatkan Kesuburan Hingga Membantu Melawan Depresi

Manfaat kacang tanah yang pertama adalah membantu meningkatkan kesuburan seseorang. Kacang tanah mengandung senyawa asam folat. Wanita yang mengkonsumsi secara teratur 4oo mikrogram asam folat per harinya terbukti lebih subur dan kehamilannya juga lebih sehat. Tak hanya itu, bayi yang dilahirkan juga memiliki potensi resiko cacat tak lebih dari 30%. Manfaat lainnya adalah membantu peraturan gula darah. Dengan takaran seperempat cangkir kacang tanah, bisa menjadi sumber mangan sebanyak 35%. Mangan sendiri merupakan senyawa yang berperan dalam proses metabolosme lemak dan juga karbohidrat. Mangan juga berfungsi menyerap kalsium dan mengatur peredaran gula di dalam darah.

Konsumsi kacang tanah juga ternyata bisa mencegah terbentuknya batu empedu! Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa 1 ons kacang tanah per hari bisa mereduksi ancaman batu empedu. Wow! Tak hanya itu, kacang tanah juga terbukti mengandung triptofan yakni senyawa amino yang dibutuhkan dalam memproduksi seratonin. Seratonin sendiri merupakan penanggungjawab atas rasa bahagia manusia. Jadi, konsumsi kacang jika ingin menjauhkan diri dari depresi. Kombinasi kacang dan coklat, akan jauh lebih baik!

Menjauhkan Lupa Dan Merupakan Teman Diet Yang Baik

cupcakes kacang tanah

Tahukah Anda, manfaat kacang tanah lainnya adalah menjauhkan lupa? Khasiat ini terkait dengan kemampuannya meningkatkan fungsi otak dan menguatkan memori. Kacang tanah memang mengandung banyak vitamin B3 yang merupakan makanan otak. Manfaat kacang tanah yang wajib juga Anda tahu adalah kemampuannya menurunkan dan menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah, menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah potensi penyakit alzheimer dan melindungi dari kanker dan menghambat pertumbuhan tumor. Tak berhenti sampai di situ, penelitian juga membuktikan bahwa kacang tanah bisa menghambat kenaikan berat badan jika dikonsumsi secara teratur setiap hari. Jadi ngemil kacang tanah tentu pilihan yang cerdas saat sedang berdiet!