Kacang Almond: Gurih Dan Menyehatkan!

kacang almond
Meski populer menyandang nama "kacang", tetapi secara botani, Almond tidaklah termasuk ke dalam kerabat tanaman kacang atau famili polong-polongan. Prunus Dulcis merupakan nama latin dari Almond. Tanaman ini kabarnya asli berasal dari Timur Tengah. Almond sendiri merupakan subkeluarga dari Prunoidae dan bagian dari famili Rosaceae. Jika ditelusuri, maka almond sesungguhnya adalah buah yang keekrabatannya dekat dengan buah persik, prem dan juga ceri. Sebagai buah, almond biasanya dikenal dengan nama buah badam dengan tekstur kulit keras seperti cangkang tetapi bagian dalamnya terdapat biji yang bisa untuk dimakan. Biji tersebutlah yang orang awam sering sebut kacang, kacang almond!

Kandungan Kacang Almond

Buah almond ini memiliki rasa yang khas. Karena itu tidak mengehrankan jika kemudian banyak kuliner yang menggunakan potongan kacang almon sebagai pelengkap rasa. Tapi tahukah Anda, bahwa kacang almond tak hanya nikmat di lidah tetapi juga menyehatkan. Berdasarkan penelitian lanjutan, diketahui bahwa kacang almond mengandung minyak sebanyak 49% yang terdiri dari asam omega-9, asam omega-6, asam palmiat, oleum amigdalae dan lain-lain. Selain minyak tadi, almond juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti karbohidrat, serat, gula, vitamin E, asam lemak tak jenuh, vitamin B dan C, kalsium, zat besi, fosfor, seng, kalium dan juga magnesium.

Manfaat Kacang Almond


Mencermati kandungan nutrisi kacang almond yang cukup kompleks, maka wajar jika kemudian konsumsinya dianjurkan sebab terbukti memiliki manfaat yang baik terhadap kesehatan manusia. Dengan mengkonsumsi kacang almond secara teratur, terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan kalsiumnya juga bisa mengurangi kram dan kejang perut saat sedang menstruasi. Tak hanya itu, kacang almond juga bisa meningkatkan aliran darah sebab kandungan vitamin E-nya, lemak tak jenuh, anti-oksidan dan magnesiumnya mampu meningkatkan aliran darah serta menjaga kesehatan organ hati. Kacang almond juga ampuh menjadi pelembab alami sebab kandungan minyaknya cukup tinggi, demikian halnya untuk kesehatan rambut. Beragam manfaat kacang almond ini membuatnya istimewa dan dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin oleh ahli gizi.