Wajib Tahu: Manfaat Kacang Merah!

manfaat kacang merah
Kacang merah atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Kidney Bean ini memang memiliki rasa yang unik. Maka itu tidak mengeherankan jika masing-masing negara memiliki resep kuliner nikmat berbahan dasar kacang dengan warna merah cerah ini. Di Indonesia sendiri, kacang merah populer dijadikan bahan tambahan sayur, bahan utama bubur kacang merah dan juga lazim digunakan untuk "memeriahkan" rasa kuliner es campur. Seiring dengan majunya kreatifitas kuliner, tak jarang pula kita jumpai kacang merah dijadikan bahan utama pembuatan cake dan juga cup cakes. Jangan ditanya rasanya, lezat! Istimewanya lagi, Kidney Beans si cantik ini tak hanya lezat di lidah tetapi juga "ramah" di tubuh. Komposisi senyawa yang terkandung di dalamnya cukup lengkap. Karenanya, manfaat kacang merah tak hanya sebatas pengganjal perut tetapi juga sebagai sumber kesehatan dari alam. Tak percaya? Berikut uarainnya.

Mengurai Kandungan Kacang Merah

Sebelum menjabarkan lebih jauh apa saja manfaat kacang merah, terlebih dahulu penting untuk mengetahui apa saja senyawa penting yang terkandung di dalam butiran kacang merah itu sendiri. Berdasarkan informasi ahli gizi, kacang merah diketahu mengandung Vitamin B1 atau tiamin, vitamin B6, kalsium, zat besi atau Fe, mangan, asam folat, fosfor, protein, serat alami, karbohidrat kompleks dan asam amino. Asam amino ini secara detil mencakup asam glutamat, asam aspartat, leucine, lysin, arginine, serine, phenylalanine, valine, proline, thereonine, dan lain-lain. Semua zat aktif ini merupakan komponen senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, ahli gizi menyarankan konsumsi kacang merah secara teratur sebab memiliki khasiat penting bagi tubuh. Konsumsi rutin kacang merah bisa membantu penanggulangan berbagai penyakit.

Menurunkan Kolesterol Hingga Membantu Program Diet

olahan kacang merah

Manfaat kacang merah yang sudah banyak diketahui orang adalah mereduksi kadar kolesterol jahat di dalam darah serta melancarkan pencernaan. Kabarnya, kandungan seratnya yang cukup baik dan dominan bisa menghasilkan asam-asam lemak dengan rantai pendek di dalam usus besar. Asam-asam ini yang kemudian menghambat sintetis dari kolesterol. Manfaat lainnya adalah menjaga fungsi syaraf, merangsang metabolisme karbohodrat serta menjauhkan penyakit beri-beri. Selain itu, konsumsi kacang merah secara teratur juga akan meningkatkan pembakaran asam amino, lipid, asam lemak, glukoneogenesis, dan menjaga kesehatan kulit Anda. Kacang hijau telah lama dikenal sebagai pendamping diet yang baik sebab seratnya mampu menahan kenyang lebih lama di perut dan kalorinya juga diserap sera aperlahan. Selain itu, proteinnya yang tinggi akan membantu Anda dalam mengembangkan massa otot.

Manfaat kacang merah lainnya adalah mereduksi potensi penyakit diabetes sebab kandungan senyawa karbohidrat kompleksnya memiliki indeks glikemik yang rendah dan lamban dicerna. Hal lain yang tak kalah penting adalah khasiatnya membantu pematangan sel darah merah, merangsang sintesa DNA juga RNA dan menurunkan tingkatan homosistein dan berujung pada pengurangan resiko terkena penyakit jantung. Bagi Anda yang cenderung susah sembuh saat mendapati luka di tubuh, kabarnya kacang merah juga sangat ampuh membantu pembekuan darah pada luka loh! Karenanya, jangan ragu memasukkan kacang merah dalam menu harian Anda ya! Selamat mencoba.