Resep Sup Kacang Merah

Sup Kacang Merah
Kacang merah atau red bean dipercaya memiliki banyak khasiat. Hal ini terkait dengan kandungan senyawa aktifnya yang komoleks. Kacang merah mengandung sejumlah vitamin seperti B komples terutama asam folat dan juga B1, fosfor, Fe atau zat besi, protein dan juga kalsium. Kacang merah juga mengandung serat alami yang baik bagi kesehatan pencernaan manusia. Konsumsi kacang merah mampu mereduksi kandungan kolesterol dalam darah, mengurangi serangan diabetes, membantu proses pematangan sel darah merah dan masih banyak lagi lainnya. Konsumsi harian kacang merah tentu merupakan pilihan yang cerdas. Di Indonesia, kacang merah biasanya diolah menjadi bubur, es campur, atau komponen bahan sup. Salah satu yang terbaik yang wajib Anda coba adalah sup kacang merah. Rasa gurihnya yang pas membuat kuliner yang satu ini digemari banyak orang. Tertarik mencoba? Berikut resep praktis sup kacang merah (red bean soup) yang bisa Anda coba langsung dari dapur Anda sendiri. 

Siapkan Bahan Yang Diperlukan

Adapun bahan yang dibutuhkan dalam meracik sup kacang merah lezat nan sehat adalah sebagai berikut:
  • Kacang merah sebanyak 1/2 Kg. Rendam di dalam air selama kurang lebih 6 jam. Langkah ini akan membuat kacang merah cepat empuk saat direbus.
  • Daging sebanyak 1/2 kg sebagai kaldu.
  • Daun sup sebanyak 1/4 kg.
  • Buah tomat sebanyak 2 biji. Belah menjadi dua bagian.
  • Buah pala sebanyak 3 buah. Keprak.
  • Bawang merah sebanyak 15 siung. Bersihkan dan iris tipis. Goreng.
  • Bawang putih sebanyak 5 siung. Bersihkan dan iris tipis. Goreng.
  • Cengkeh sebanyak 3 buah.
  • Lada, garam dan juga penyedap secukupnya.
  • Margarine sebanyak1 sendok makan.

Cara Membuat Sup Kacang Merah


  1. Pertama, rebus kacang merah dan daging yang telah dipotong dalam ukuran yang lebih kecil. 
  2. Setelah itu, masukkan bumbu berupa buah pala, cengkeh, lada, dan garam. Kemudian ambil 1 sendol makan margarin yang telah dilumerkan. Masukkan ke dalam sup bersama dengan daun sup dan juga tomat. Aduk dan masak hingga semua bahan matang sempurna.
  3. Langkah terakhir adalah masukkan garam dan penyedap rasa, takarannya sesuai dengan selera Anda. Terakhir taburkan gorengan bawang putih dan bawang merah agar rasa sup kacang merah jadi lebih nikmat.
  4. Tips bagi Anda, pada prinsipnya sup kacang merah bisa dimasak bersama komponen sayuran lainnya misalnya wortel dan juga kentang. Sementara itu, tambahan daging juga bisa saja dari cumi, ikan atau udang. Sama halnya dengan bumbu, tak ada salahnya Anda bereksperimen. Intinya, kembangkan kreatifitas Anda untuk rasa sup kacang merah yang jauh lebih nikmat. Selamat memasak!