Nikmatnya Sari Kacang Hijau

Sari Kacang Hijau
Kacang hijau banyak diminati, tak hanya kerana rasanya yang nikmat, tetapi juga kerana kandungan senyawa kompleksnya yang diketahui sangat baik terhadap kesehatan manusia. Kacang hijau termasuk ke dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Kandungan proteinnya cukup tinggi. Demikian juga dengan mineral. Kacang hijau mengandung kalsium, zat besi dan juga fosfor. Ketiga mineral ini sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Kacang hijau juga mengandung lemak yang terdiri dari 73% asam lemak tak jenuh dan sisanya merupakan asam lemak jenuh. Mengingat kandungan senyawanya yang kompleks, adalah wajar jika banyak ahli gizi yang menyarankan konsumsi harian kacang hijau. Pada dasarnya, kacang hijau merupakan komponen bahan makanan yang sangat mudah diolah. Di Indonesia, kacang hijau populer diolah menjadi bubur, digerus dan dijadikan pelengkap onde-onde, bakpau atau gundas turi. Jika Anda menginginkan variasi lain dari olahan kacang hijau, tak ada salahnya Anda mencoba sari kacang hijau. Ada beragam produk sari kacang hijau yang bisa Anda dapatkan di toko. Namun, untuk lebih menjamin higienitas, tak ada salahnya meracik sendiri sari kacang hijau langsung dari dapur Anda. Berikut resep sederhananya.

Siapkan Bahan Yang Diperlukan

Adapun bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan sari kacang hijau adalah sebagai berikut:
  • Air bersih sebanyak 1500 liter.
  • Kacang hijau sebanyak 250 gram.
  • jahe sebanyak 5 centimeter. Bakar jahe tersebut dan kemudian kupas kulitnya dan memarkan.
  • garam sebanyak 1/4 sendok teh.

Cara Membuat Sari Kacang Hijau


Setelah semua bahan lengkap, ikutilah langkah pembuatan sari kacang hijau sebagai berikut:
  1. Rendamlah bebijian kacang hijau selama semalam penuh. Hal ini dimaksudkan agar lebih mudah matang. Setelah semalaman, tiriskan kacang hijau dan cuci bersih. Kemudian rebus bersama 1500 mililiter air, gula pasir, garam dan juga jahe yang telah dimemarkan. Rebus hingga kacang hijau menjadi lunak.
  2. Selanjutnya haluskan lacang hijau yang telah empuk dan benar-benar menyatu dengan air rebusan.
  3. Setelah benar-benar halus sempurna, pisahkan ampas yang masih tersisa dengan air tadi. Setelah itu sajikan air saringan di gelas. jauh lebih baik jika dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin. Sesuaikan dengan selera Anda tentunya. 
Bagaimana, mudah bukan? Sari kacang hijau dikenal memiliki banyak khasiat. Banyak ahli gizi yang menyarankan konsumsi 3 gelas sari kacang hijau per hari. Resep ini bisa memenuhi kebutuhan tersebut sebab ditujukan untuk 4 gelas. Selamat mencoba ya!