Beragam Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau
Kacang hijau telah lama dikenal masyarakat dunia. Di Indonesia, pada khususnya, kacang hijau menempati hirearki konsumsi yang penting. Kacang hijau merupakan sumber gizi yang baik. Tak hanya itu, bebijian yang digolongkan ke dalam kerabat polong-polongan ini juga memiliki rasa yang nikmat terlebih setelah diolah bersama bahan-bahan lainnya. Anda pasti mengenak kuliner semacam bubur kacang hijau. Makanan yang satu ini memiliki rasa gurih dan manis yang pas. Bubur kacang hijau sering dijadikan patner sarapan di pagi hari sebab mampu memenuhi kebutuhan energi sampai waktu makan siang tiba. Olahan kacang hijau tak hanya sebatas bubur. Masih ada beragam kuliner berbahan utama kacang hijau misalnya puding kacang hijau, kue boulu kacang hijau, isian bakpau dan onde serta masih banyak lagi lainnya. Selain sebagai bahan konsumsi, tahukah Anda bahwa ada manfaat kacang hijau lainnya yang tak kalah penting? Kacang hijau ternyata bisa digunakan sebagai bahan obat! Tak percaya? Berikut uraiannya.

Dari Sumber Gizi Hingga Peluruh Kencing

Manfaat utama kacang hijau tentunya sebagai penyokong gizi bagi manusia. Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang baik, kalsium juga fosfor yang dikenal baik untuk tulang serta lemak tak jenuh yang tinggi. Selain itu, kacang hijau juga membantu pemenuhan kebutuhan vitamin B1 atau Tiamin. Senyawa ini sendiri membantu mencegah penyakit beri-beri dan juga mendampingi pertumbuhan manusia. Tak hanya itu, vitamin B1 juga mampu meningkatkan nafsu makan serta memperbaiki saluran pencernaan. Selain B1, kacang hijau juga mengandung vitamin B2 yang dikenal baik dalam membantu penyerapan protein oleh tubuh.

Manfaat kacang hijau lainnya adalah sebagai peluruh air seni. Resep untuk mendapatkan khasiat ini dengan melakukan langkah perebusan kacang hijau sebanyak 30 gram bersama air sebanyak 400cc dan juga daun sendok sebanyak 30gram. Agar lebih maksimal, gunakan kuali tanah untuk merebus ramuan dan tambahkan madu secukupnya supaya lebih ramah di lidah. Konsumsi ramuan ini secara teratur sampai air seni tidak lagi tersendat.

Dari Disentri Hingga Rambut Rontok

Manfaat kacang hijau lainnya yang wajib Anda ketahui adalah keampuhannya melawan disentri atau sakit perut. Jika Anda mengalami hal ini, ambillah kacang hijau dan buatlah bubur seperti biasanya. Namun dalam penyajiannya, tambahkan 2 butir telur ayam yang dipindang bersama air hangat kurang lebih 2 sampai 3 kali dalam sehari. Tak hanya itu, kacang hijau juga baik untuk melenyapkan biang keringat dan juga bisul. Untuk biang keringat, cukup rebus 60 gram kacnag hijau bubuk bersama dengan tanaman krokot sebanyak kurang lebih 50 gram dalam air dalam takaran secukupnya. Serelah matang, minum ramuan ini di pagi, siang dan juga malam hari. Sedangkan untuk bisul, rebuslah kacang hijau sebanyak 50 gram. Campurkan kacang hitam dan  kacang merah  masing-masing 50 gram. Rebus semua bahan hingga airnya berubah warna. Simpan air rebusan tadi di wadah. Selanjutnya, rebus jahe sebanyak 2 ruas bersama air sebanyak 250 ml. Setelah airnya berubah warna, angkat dan campurkan dengan air rebusan kacang-kacangan tadi. Agar lebih nikmat, tambahkan madu secukupnya. Konsumsi ramuan ini secara teratur sampai bisul lenyap.
Manfaat kacang hijau lain adalah sebagai penambah gairah seksual suami. Untuk mendapatkan khasiat ini, ambil kacang hijau sebanyak 30 gram, merica sebanyak 15 gram, pulosari sebanyak 15 gram, jahe sebanyak 2 ruas, bebijian kucai sebanyak 15 gram, biji paria sebanyak 15 gram, ada sebanyak 15 gram dan terakhir ketumbar juga sebanyak 15 gram. rebus semua bahan di dalam air sebanyak 600cc. Biarkan air rebusan susut hingga 300cc. Setelah itu konsumsi secara teratur hingga Anda merasakan khasiatnya. Manfaat kacang hijau untuk kecantikan salah satunya adalah untuk kesuburan rambut. Caranya mudah, cukup rebus kacang hijau dalam 1 gelas air. Rebus hingga air berubah warna tetapi jangan sampai kacang menjadi pecah dan lunak. Setelah matang, angkat air dan pisahkan dari butiran kacang. Air tersebut aplikasikan di rambut Anda dan pijat lembut hingga menyerap. Setelah itu diamkan hingga mengering dan bilas dengan bersih. Langkah ini akan terlihat hasilnya jika dilakukan secara teratur. Masih ada banyak manfaat kacang hijau lainnya yang wajib Anda ketahui. Semua manfaat ini menjadikan kacang hijau istimewa. Jadi, memasukkan biji nikmat ini dalam konsumsi harian Anda tentu merupakan pilihan yang cerdas. Selamat mencoba!