Mengurai Kandungan Kacang Hijau

Kandungan Kacang Hijau
Kacang hijau dikelompokkan dalam kekrabat Fabaceae atau yang lazim dikenal dengan istilah polong-polongan. Tanaman ini kabarnya berasal dari tanah India dan menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui mata rantai para pedagang. Kacang hijau sangat populer. Rasanya yang khas memang memikat lidah. Biasanya kacang hijau diolah dengan cara dihaluskan menjadi tepung atau direbus dan lebih lanjut diracik bersama bahan lain. Kacang hijau memang nikmat disantap. Tapi tak hanya itu, sesungguhnya di balik rasanya yang khas, kacang hijau menyimpan sejuta khasiat bagi manusia. Kacang hijau merupakan alternatif sumber gizi yang seimbang, ampuh untuk meluruhkan air seni, mereduksi potensi serangan jantung, menambah nafsu makan, mengatasi disentri dan lain-lain. Khasiat kacang hijau ini bersumber dari senyawa kompleks yang tersembunyi di balik butirannya. Kandungan kacang hijau memang seimbang. Karena itu tidak heran jika banyak ahli gizi yang merekomendasikan bebijian hijau yang satu ini. Apa saja sesungguhnya yang tersimpan dalam kacang hijau? Berikut uraiannya.

Serat Hinga Asam Folat

Salah satu kandungan kacang hijau tentunya adalah serat. Serat sendiri memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan dan juga memelihara saluran cerna manusia. Sistem pencernaan wajib untuk dijaga sebat merupakan ssistem yang mengatu penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Kandungan serat kacang hijau bisa membantu melancarkan pencernaan Anda jika dikonsumsi secara teratur. Selain serat, kacang hijau juga mengandung lemak. dengan presentase 73% lemak tak jenuh dan selebihnya merupakan lemak jenuh. Lemak tak jenuh sangat bermanfaat sebab merupakan cadangan makanan dan juga melindungi organ di dalam tubuh.

Selain lemak dan serat, kandungan kacang hijau lainnya yang tak kalah penting adalah asam folat. Senyawa ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung sebab sangat mudah diserap oleh janin melalui rahim. Folat berfungsi membantu perkembangan sistem saraf bayi dalam kandungan, mencegah kecacatan, kelainan jantung, spina bifida dan lain-lain. Karena itu, tidak mengherankan jika kacang hijau sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Kaya Vitamin Dan Protein


Kandungan kacang hijau juga tak bisa dilepaskan dari kehadiran vitamin B1 dan juga B2. Kedua vitamin ini sangat bermanfaat dalam membantu penyerapan protein. Istimewanya, kacang hijau juga mengandung protein dalam jumlah yang tinggi. Hadirnya ketiga komponen ini membuat kacang hijau dinilai memiliki komposisi yang seimbang. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh sebab protein sangat bermanfaat dalam masa tumbuh dan kembang seseorang.

Kandungan kacang hijau lainnya adalah karbohidrat, kalsium juga fosfor. Karbohidrat kompleks yang ada pada kcang hijau dicerna lebih lama sehingga membuat rasa lapar jauh dan juga membuat pasokan energi jauh lebih stabil. Sementara itu, kalsium juga fosfor bermanfaat dalam membentuk tulang juga memeliharanya. Kalsium juga dikenal membantu metabolisme lemak juga karbohidrat. Kesemua kandungan kacang hijau ini menempatkannya sebagai sumber nutrisi yang istimewa. Jadi jangan ragu menjadikan kacang hijau sebagai santapan keluarga Anda. Nikmat dan tentu sehat!