Manfaat Kacang Kedelai: Rahasia Cantik Wanita Asia!

manfaat kacang kedelai
Kedelai merupakan salah satu jenis polong-polongan yang berdasarkan data statistik menempati perningkat pertama kacang-kacangan yang paling banyak dikonsumsi manusia. Kacang ini memang sehat, kandungan beberapa senyawa penting di dalamnya membuat ia istimewa. Selain itu, hasil olahan kacang kedelai juga nikmat di lidah dan tentunya mudah diolah. Tahukah Anda bahwa kedelai bukan hanya sekedar kuliner biasa? Ia merupakan salah satu bagian dari rahasia kecantikan wanita Asia, terutama Jepang dan juga China. Manfaat kacang kedelai bagi kecantikan ini telah dipercaya sejak ratusan tahun yang lalu dan kini telah mendapat validasi ilmiah berdasarkan penelitian beberapa ahli. Anda sering mengkonsumsi kacang kedelai?

Kaya Akan Isoflavon

Salah satu komponen penting dalam kacang kedelai yang bermanfaat pada kecantikan adalah isoflavon. Senyawa ini sejenis phytonutrien dengan susunan yang sama dengan hormon estrogen. Dengan mengkonsumsi berbagai produksi kacang kedelai secara tidak langsung Anda telah mengkonsumsi isoflavon yang dikenal sangat bersahabat bagi wanita. Senyawa ini sangat baik menangkal radikal bebas sehingga penuaan dini bisa dicegah. Selain itu resiko kanker akibat polutan juga bisa ditangkas. Manfaat kacang kedelai lainnya bagi wanita adalah mengurangi gejala dari fase menopause.


Berdasarkan penelitian para ahli, ditemukan fakta bahwa ksehatan kulit serta sistem reproduksi wanita di Asia jauh lebih baik ketimbang wanita di Eropa dan Amerika. Mengapa? Para ahli mengubungkan pada kebiasaan wanita Asia mengkonsumsi kedelai. Di Jepang dan China, kedelai termasuk makanan yang paling digemari. Baik itu dalam bentuk mie, kecap, susu, tofu, kembang tahu dan masih banyak lagi lainnya. Konsumsi yang tinggi ini membuat wanita di dana berumur panjang dan juga terlihat lebih awet muda. Jangan lupakan juga kesehatan kulit mereka yang memang dikenal yang terbaik di dunia!
Bagaimana dengan Indonesia? Meski kita telah mengenal manfaat kacang kedelai bagi kencantikan, namun harus diakui tingkat konsumsi kita masih rendah. Bahkan paradigm bahwa makanan berupa olahan kacang kedelai merupakan makanan kelas bawah sangat susah dihilangkan. Tahu juga tempe dianggap sebuah “aib” bagi sebagian orang. Padahal khasiatnya utamanya bagi kecantikan sangat luar biasa. Ketimbang ke salon menghabiskan uang, kenapa tidak mengkonsumsi kedelai agar cantik Anda lebih sehat dan alami? Tertarik? Makan tahu dan tempe ya.
Selain bagi wanita, ternyata konsumsi kedelai juga sangat baik bagi pria. Berdasarkan penelitian, diperoleh fakta bahwa kedelai mampu mencegah penyakit kanker prostat. Hal ini masih terkait dengan kandungan isoflavon di dalam kedelai itu sendiri. Selain itu, bagi pria yang merokok, konsumsi kacang kedelai akan membantu mereduksi pengaruh buruk nikotin terhadap kesehatan tubuh. Selain itu, kacang dengan rasa nikmat ini juga mampu menjaga daya ingat seseorang. Wow!