Apa Itu Kemiri Sunan?

Kemiri Sunan
Kemiri merupakan salah satu pelengkap bumbu yang populer digunakan di Asia. Di Indonesia, kemiri bahkan telah menyatu dalam budaya kecantikan puteri karaton. Minyak kemiri dipercaya bisa menyuburkan rambut dan bisa juga dijadikan minyak untuk urut. Kemiri atau Aleurites moluccana merupakan tumbuhan dengan biji yang digolongkan ke dalam rempah-rempah. Ia masih berkerabat dengan tanaman singkong. Kemiri masuk ke dalam kelompok suku Euphorbiaceae. Tanaman kemiri ini persebarannya merata di wilayan India dan China juga wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Kemiri ini tersedia dalam berbagai spesies. Salah satu yang sedang menjadi sorotan saat ini adalah Kemiri Sunan atau Aleurites Trisperma Blanco. Familiar dengan nama tersebut?


Mengenal Kemiri Sunan


Kemiri sunan kabarnya merupakan salah satu tanaman asli dari Negara tetangga, Filipina. Ia banyak tumbuh secara alami dan sampai saat ini tersebar sampai ke Indonesia. Khusus di Negara kita, kemiri sunan dikembangbiakkan secara terpadu di Sumedang, Jawa Barat. Tanaman ini memang menyukai daerah dengan iklim tropis dengan suhu berkisar di angka 18,7 sampai 26,20 derajat Celsius. Sementara itu kelembaban udara berkisar di angka 5,4 sampai 7,1. Pohon kemiri sunan sendiri tumbuh dan berkembang sebagai tegakan. Tingginya bisa mencapai ukuran 15 meter dan bisa hidup di atas usia 75 tahun. Tanaman kemiri sunan ini banyak dilirik para aktivis lingkungan sebab selain diambil bijinya, ia juga sangat ampuh mengunci tanah dan mencegah longsor karena akar serabutnya kuat menahan tanah.

 
Kemiri Sunan: Solusi Menghadapi Krisis Energi Bumi

Semakin hari kebutuhan ebergi manusia semakin berkurang. Para peneliti sekarang giat mencari sumber energi lainnya yang mudah diperoleh dan tentunya bisa diperbaharui. Salah satu penemuan terkait hal tersebut adalah kemampuan kemiri sunan menghasilkan bahan bakar biodiesel yang bisa dijadikan sumber energi alternatif. Minyak nabati yang berasal dari kemiri sunan bisa menggantikan peranan bahan bakar minyak bumi. Hal ini tentu menguntungkan sebab selain bijinya bisa menjadi sumber minyak, menanam pohon kemiri sunan juga akan memperbaharui “udara” di bumi.

Potensi kemiri sunan dalam menggantikan BBM terpusat pada kandungan yang ada pada bagian bijinya. Biji kemiri sunan sendiri tersusun atas cangkang dan juga biji. Pada biji tersebut terdapat bagian iti biji dan juga kulit biji. Bagian inti biji tersebutlah yang kemudian diproses dan menghasilkan minyak kemiri sunan dan digunakan sebagai salah satu energi alternatif untuk manusia. Biji ini kemiri sunan ini sendiri mengandung minyak nabati sekitar 56%. Wujudnya cairan dengan warna kuning dan sedikit bungkil. Minyak ini mengandung sejumlah senyawa antara lain palmitic, asam oleic, asam linoleic, asam alpha-elaeostearic, asam stearic dan masih banyak lagi lainnya.