Resep Bubur Kacang Hijau Nikmat

Bubur Kacang Hijau
Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan dengan kandungan nutrisi yang kompleks. Kacang berukuran kecil ini mengandung protein yang sangat tinggi. Selain itu, kacang hijau juga mengandung sejumlah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain fosfor dan kalsium. Komponen senyawa ini sangat baik bagi tubuh manusia. Kacang hijau baik dikonsumsi sebab bisa memperkuat tulang. Kcang hijau juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil sebab bisa melebatkan rambut sang cabanh bayi. Jika Anda ingin memperoleh manfaat kacang hijau, konsumsilah secara rutin. Kacang hijau mudah diolah menjadi kuliner nikmat penggoda lidah. Salah satu yang terbaik adalah bubur kacang hijau. Rasa nikmatnya membuat kunier ini sangat digemari dan populer dijadikan pelengkap sarapan di pagi hari. Tertarik mencoba? Berikut resep bubur kacang hijau yang bisa Anda praktekkan.

Siapkan Bahan Yang Dibutuhkan

Adapun bahan yang dibutuhkan dalam membuat bubur kacang hijau sebagai berikut:

  • Kacang hijau sebanyak 250 gram
  • Gula pasir sebanyak 175 gram
  • Air ssebanyak 1 liter
  • Garam sebanyak seperdua sendok teh
  • Vanili sebanyak sepetrdua sendol teh
  • Santan kental sebanyak 200 ml.
  • Garam sebanyak seperempat sendok teh.
  • Daun pandan sebanyak 2 lembar. Bersihkan.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau


  1. Langkah pertama pembuatan bubur kacang hijau adalah dengan merendam kacang hijau selama 6 jam. Setelah itu cuci bersih dan kemudian tiriskan.
  2. Selanjutnya, rebus air bersama seperdua sendok teh garam, vanili bubuk hingga air tersebut mendidih.
  3. Masukkan kacang hijau yang telah dibersihkan ke dalam air campuran garam dan vanili tadi. Masak hingga kacang hijau menjadi empuk.
  4. Selanjutnya masukkan gula pasir. Kemudian aduk terus hingga mengental dan kacang hijau matang. Tanda kacang hijau matang terlihat pada bijinya yang pecah. Selanjutnya angkat kacang hijau dan simpan di wadah terpisah.
  5. Langkah terakhir adalah membuat santan, kuah dari kacang hijau. Rebus santan bersama seperempat sendok teh garam dan juga daun pandan hingga mendidih. Setelah itu angkat dan simpan di wadah.
Untuk menyajikan bubur kacang hijau, taruh di wadah atau mangkuk. Campur kacang hijau dengan santan pada saat hendak disantap. Hal ini untuk menghindari bubur kacang hijau cepat basi. Untuk variasi, Anda bisa menambahkan beras ketan hitam agar rasa lebih nikmat. Tambahkan juga gula jika diingingkan. Bubur kacang hijau nikmat disantap dalam keadaan hangat maupun dingin. Selamat menikmati!