Kacang Kenari : Si Nikmat Yang Menyehatkan

Kacang Kenari
Canary Nut atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama kacang kenari merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam suku Burseraceae. Kabarnya ia pertama kali ditemukan di Malesia Timur. Kacang kenari ini bisa dikonsumsi dan dewasa ini paling populer dijadikan penghias kue kering. Di Indonesia, kacang kenari banyak dibudidayakan di Maluku hingga Vanutu. Ada ragam spesies dari kenari. Di Indonesia, dua spesies yang paling populer adalah Canarium Vulgare Leenh dan juga Canarium Indicum L. Tahukah Anda bahwa selain nikmat ternnyata kacang kenari juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Khasiat apa sajakah itu?

Melindungi Jantung Hingga Otak

Kandungan senyawa yang ada di dalam kacang kenari bisa melindungi tubuh dari penyakit parah. Bebijian ini kaya akan omega-3 dan juga ALA atau Alpha Linoleic Acid. Kedua senyawa ini sangat baik dalam hal meningkatkan fungsi dan kinerja arteri yakni pembuluh darah yang memiliki otot dan berfungsi membawa darah menuju jantung. Dengan lancarnya kinerja arteri, secara tidak langsung, kinerja jantung juga semakin baik.


Selain jantung, konsumsi kacang kenari juga dikenal sangat baik bagi kesehatan otak. Bahkan banyak masyarakat yang menyebut kenari sebagai makanan otak. Kandungan omega-3 di dalamnya memang tinggi. Omega-3 sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu komponen senyawa yang baik dalam merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak. Jadi ingin lebih pinta? Banyak-banyak mengkonsumsi kacang kenari.

Manfaat lain kacang kenari adalah sebagai komponen makanan yang bisa menurunkan kolesterol yang jahat. Hal ini terkait dengan kandungan lemak tak jenuhnya yang tinggi. Konsumsi kenari juga bisa mencegah terjadinya pembekuan di dalam darah. Khasiat kacang kenari lainnya adalah membantu kualitas tidur seseorang. Ia bahkan bisa melawan insomnia akut. Pasalnya, di dalam kacang kenari banyak ditemukan senyawa bernama melatonin yang memang baikuntuk menciptakan rasa kantuk.

Sebagai Anti-osidan dan Melawan Impotensi

Kacang kenari juga dikenal mengandung senyawa bernama polifenol. Kadarnya sangat tinggi. Senyawa ini sudah lama dikenal sebagai salah satu komponen yang bersifat anti-oksidan. Ia bisa melawan pengaruh buruk radikal bebas yang banyak ditemukan khususnya di perkotaan. Dengan mengkonsumsi kacang kenari, secara alamiah Anda telah melindungi tubuh Anda dari pengaruh buruk polutan. Dengan demikian, Anda secara tidak langsung telah melindungi diri dari kanker. Selain itu, dengan mengkonsumsi kacang kenari secara teratur, Anda juga melindungi diri dari penyakit batu empedu.

Tak berhenti sampai di situ, manfaat kacang gurih ini juga ternyata baik dalam memperbaiki kualitas sperma pria. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah oleh Walnut Calofornia di Amerika Serikat. Banyak yang menghubungkan infertilitas dengan kemandulan, dan untuk mengatasi hal tersebut, cukup konsumsi kacang kenari sebanyak 0,2 ons per harinya selama 3 minggu. Setelahnya, kualitas sperma pria sudah jauh lebih baik. Selamat mencoba ya!